October 3, 2022

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun

Pelayanan PPT, SLRT, Rehab SOS . Jln. Salak No. 51 Kota Madiun No. Telp : (0351) 465611, Fax (0351) 473737 E-mail : dinsosp3a.kotamadiun@gmail.com

Peringati Hari Jadi Kota Madiun ke-104, Pemkot Adakan Nikah Massal di Rumah Dinas Wali Kota

DINSOS PPPA KOTA MADIUN – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun memiliki banyak agenda dalam rangka memperingati hari jadi Kota Madiun ke-104. Salah satunya, dengan menyelenggarakan nikah massal di rumah dinas Wali Kota Madiun, Jalan Pahlawan 77, Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan Kartoharjo, Kamis (14/7/2022).

Agenda nikah massal ini diberi tema “Kota Medioen Mantu.” Ada sembilan pasangan yang mengikuti nikah massal tahun ini. Budaya sambung tuwuh menjadi andalan dalam Kota Medioen Mantu tahun ini, yaitu dengan memasang sejumlah 197 tandon pisang raja, mulai dari rumah dinas wali kota hingga depan Polres di Jalan Kompol Sunaryo.

Sebelum acara, apel singkat dilaksanakan di halaman patung merlion Sumber Wangi yang dipimpin oleh Cahyo, Kepala Satpol PP Kota Madiun. Dalam apel itu, Cahyo langsung membagi peserta apel, termasuk Tagana menjadi tujuh regu untuk menjaga sambung tuwuh selama acara berlangsung.

“Sambung tuwuh itu akan dinilai oleh Museum Rekor Dunia indonesia (MURI), jadi jangan sampai rusak sebelum acara selesai,” pintanya.

Rangkaian acara nikah massal dimulai di rumah dinas wali kota dengan dihadiri pula oleh wakil wali kota dan Ketua DPRD. setelah dilakukan ijab qabul dan temu manten, pasangan nikah massal tersebut dikirab dari rumah dinas menuju balaikota untuk menyaksikan tari gembyong dan serah terima piagam MURI. Tampak pula hadir dua orang tamu dari Jerman yang ingin tahu dan melihat keramaian tradisi di Kota Madiun.

Petugas Posko Tagana Kota Madiun, Handoko yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan, acara berlangsung meriah dan sukses. “Semoga generasi muda penerus tidak melupakan tradisi dan budaya warisan leluhur kita,” harapnya. (hans/KO/dinsospppa)