May 1, 2024

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun

Pelayanan PPT, SLRT, Rehab SOS . Jln. Salak No. 51 Kota Madiun No. Telp : (0351) 465611, Fax (0351) 473737 E-mail : dinsosp3a.kotamadiun@gmail.com

Sosialisasi Data Sistem Informasi Gender Dan Anak (SIGA)

DINAS SOSIAL PPPA KOTA MADIUN, – Sosialisasi Data Sistem Informasi Gender Dan Anak (SIGA) Rabu dan Kamis,  14 S/D 15 April 2021

Gender adalah konsep yang mengacu pada peran – peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan yang terjadi akibat dan dapat berubah oleh keadaan sosial dan masyarakat. Data terpilah adalah data yang dipilah menurut jenis kelamin dan umur.

Sistem data gender dan anak ( SIGA ) adalah pelembagaan penyelenggaraan data gender dan anak yang terdiri dari komponen komponen peraturan, lembaga, dan mekanisme di kementerian/ lembaga/ daerah dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan hasil -kebijakan/ program/ kegiatan pembangunan yang responsif gender dan peduli anak serta mewujudkan kesetaraan dan keadilan dimana kesamaan dan kondisi adil bagi laki laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia. Sesuai peraturan menteri dalam negeri nomor 5 tahun 2014 tentang  penyelenggaraan sistem data gender dan anak dan guna mendukung percepatan pengarusutamaan gender ( PUG ).

Dalam forum /kelompok kerja data terpilah yang baik harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang paham akan pentingnya data terpilah gender dan anak dalam proses pembangunan, serta di dukung ketersediaan sarana dan prasarana berupa tehnologi informasi yang memadai untuk menyimpan dan menyebarluaskan data dan informasi. Dalam rangka persiapan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan  Perlindungan  anak  di daerah khususnya di kota Madiun, maka pada kesempatan yang berbahagia ini dilaksanakan sosialisasi data sistem data gender dan anak (SIGA) dengan narasumber dari DP3AK Provinsi Jawa Timur.

(ekosant/dinsospppa)