January 30, 2023

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun

Pelayanan PPT, SLRT, Rehab SOS . Jln. Salak No. 51 Kota Madiun No. Telp : (0351) 465611, Fax (0351) 473737 E-mail : dinsosp3a.kotamadiun@gmail.com

Trauma healing

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (DINSOSPPPA) Kota Madiun menggelar Pelatihan Trauma Healing Dalam Rangka Penguatan Dan Pengembangan Lembaga Penyedia Layanan Bagi Anak di Hotel Aston Madiun, Jum’at (4/11).

Sebanyak 60 peserta dari perwakilan POKJA I PKK KOTA, POKJA I PKK KECAMATAN, POKJA I KELURAHAN DAN PERWAKILAN GURU PAUD NON ASN hadir pada kegiatan pelatihan dengan narasumber pelatihan Ibu RATIH WAHYU SAPUTRI, S.Psi, M.Psi, Psikolog dari LPP GEOFIRA Konsultan PPA Kabupaten Gresik. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun menyampaikan bahwa Kekerasan fisik maupun kekerasan psikis bisa menimbulkan trauma pada perasaan seseorang. Trauma healing merupakan salah satu metode penanganan terhadap korban kekerasan yang dapat mencegah terjadinya depresi. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan ilmu dan pengetahuan tentang Psychological First Aid (PFA), pertolongan pertama pada masalah psikologis dan bagaimana cara memperkuat imun pasca terjadinya bencana alam. Dalam tahap pelatihan pertolongan pertama pada psikologi ini, para peserta diberi bekal landasan PFA yang meliputi pengamatan situasi keamanan, gejala serta bantuan yang dibutuhkan korban serta melakukan pendekatan sebagai pendengar aktif untuk membantu korban menenangkan diri dan kemudian nantinya akan menghubungkan korban ke tenaga profesional sesuai kebutuhannya. Kita harapkan implementasi trauma healing pada perempuan dan anak korban kekerasan dapat meminimalisir dampak berkepanjangan yang ditimbulkan akibat peristiwa traumatis yang dialami, sehingga korban dapat melanjutkan kehidupan sehari-hari.(desant/dinsospppa)