April 28, 2024

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun

Pelayanan PPT, SLRT, Rehab SOS . Jln. Salak No. 51 Kota Madiun No. Telp : (0351) 465611, Fax (0351) 473737 E-mail : dinsosp3a.kotamadiun@gmail.com

Hidup Nyaman dan Aman Tanpa Perundungan

Selasa, (16/01/2024), Diskominfo Kota Madiun melakukan siaran radio spektrum wanita dengan tema “Hidup Nyaman dan Aman Tanpa Perundungan” di LPPL Radio Suara Madiun. Dalam spektrum wanita ini hadir narasumber ibu Dra. SRI HARTUTIK (Subkoor Perlindungan Perempuan dan Anak) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun dan Dra. AGNES ADHANI, M.Hum (Relawan UPTD PPA Kota Madiun).

Perundungan (bullying) adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja. Bullying dapat dilakukan oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. Jenis-jenis perundungan Bullying fisik, Bullying verbal, Tindakan pengucilan, Bullying dunia maya, Bullying seksual.

Cara Mencegah dan Menangani:

1.  Dengan memahami pengertian dan jenis-jenis  bullying

2.  Memberi pemahaman tentang pentingnya mencintai diri dan menghargai diri sendiri

3. Berani menegur dan mengatakan “tidak” terhadap perilaku yang tidak diinginkan

4.  Siap menjadi pelopor dan pelapor tindak perundungan 5.  Siap menjadi duta anti perundungan sehingga tercipta lingkungan yang aman dan nyaman di mana pun dan kapan pun. Katakan “Stop Perundungan”. (desta/dinsospppa)