April 12, 2024

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Madiun

Pelayanan PPT, SLRT, Rehab SOS . Jln. Salak No. 51 Kota Madiun No. Telp : (0351) 465611, Fax (0351) 473737 E-mail : dinsosp3a.kotamadiun@gmail.com

Dinsos P3A Kota Madiun Laksanakan Sosialisasi KSB terkait Penanganan Bencana

KOTA MADIUN – Kampung Siaga Bencana (KSB) “Pendekar Siaga” Kota Madiun yang telah dikukuhkan oleh Wali Kota Madiun Dr. Drs. H. Maidi, S.H., M.M., MPd di Lapangan Pilangbango, Kota Madiun, Pada Selasa (18/10/2022), pada hari ini Rabu (6/3/2024) kembali dilakukan refreshing oleh Dinas Sosial P3A bersama Tagana.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial PP dan PA Kota Madiun Heri Suwartono, S.Sos., M.Si yang diwakili oleh Kepala Bidang Sosial (Kabidsos) Rita Susanti,S.Sos., M.Si menyampaikan rasa salutnya atas keaktifan teman-teman KSB Pendekar Siaga sampai hari ini, “Beliau tahu keaktifan saudara semua lewat group WhatsApp KSB dari bapak ibu sekalian”.

Sementara itu, Kabidsos juga mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini, “kita akan me refresh kembali tentang apa KSB itu dan tugasnya apa saja di pra bencana, saat bencana dan pasca bencana” katanya

Rita juga berpesan, agar di era digital seperti saat ini, komunikasi akan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp group (Wag). “Saya berharap bapak ibu semua, setelah kegiatan ini, dapat tetap aktif di Wag untuk melaporkan segala informasi yang ada di wilayah saudara masing masing agar kita (Dinas) tahu dan bisa segera mengambil tindakan” Pesannya.

Senada dengan Kabidsos, Sub koordinator Penanganan Bencana dan TMP, Sumanto SH juga menambahkan “untuk SK sudah dinaikkan ke Pak Walikota, jadi teman teman saya harapkan tetap melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangan yang ada di KSB khusus nya di wilayah kecamatan Kartoharjo” pintanya.

Setelah memperkenalkan koordinator Tagana yang baru, Sumanto berpesan pada seluruh anggota KSB “apabila terjadi bencana, saya harap teman teman KSB dapat segera ke lokasi dan segera melaporkan ke Wag KSB kita” Pesannya.

Sementara itu pak Nur, ketua KSB Pendekar Siaga menyampaikan “kegiatan seperti hari ini bagus sekali, karena kita sebagai KSB perlu untuk me refresh kembali agar selalu siaga tentang tugas dan tanggung jawabnya sebagai relawan siaga bencana” ungkapnya.

Nur juga berharap agar penyegaran penyegaran seperti ini dapat dilakukan secara rutin, agar anggota yang kurang aktif dapat kembali aktif.

Selaras dengan sang ketua, anggota KSB Sumarno juga menyampaikan “kami ikut kerja bakti apabila terjadi banjir karena luapan air di bok malang yang mendapat kiriman dari lereng gn. wilis”. Katanya.

Sumarno juga menghendaki agar kegiatan semacam ini dapat dilanjutkan untuk menjaga kekompakan Tim dan Tim yang sudah terbentuk dapat semakin solid untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta peka dalam menghadapi bencana.

Anggota KSB sangat antusias dalam mengikuti Sosialisasi kali ini, semoga review yang sudah mereka dapatkan hari ini dapat bermanfaat dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana. (hans/dinsospppakotamadiun)